oleh

AS: Huawei Dapat Suntikan Dana Dari Pemerintah China

Jakarta – Ada banyak cara Amerika Serikat dalam mengajak sekutunya agar memblokir  Huawei , salah satunya dilakukan dengan berbagi informasi intelijen mengenai perusahaan asal China itu.

Informasi intelijen tersebut baru-baru ini bocor ke publik, dan menyatakan bahwa Huawei mendapat suntikan dana dari Central National Security Commission dari Partai Komunis China, People’s Liberation Army, dan jaringan intelijen pemerintah China.

Bocoran ini didapat dari sumber anonim di Inggris yang menyatakan informasi ini disebar ke sejumlah petinggi di pemerintah Inggris oleh CIA. Selain itu, informasi yang sama juga diberikan ke beberapa negara lain seperti Australia, Kanada, dan Selandia Baru.

Tudingan soal hubungannya dengan pemerintah China selalu ditepis oleh Huawei, dan mereka menyatakan selalu menolak permintaan data dari pemerintah China, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Minggu (21/4/2019).

Pemerintah AS sendiri memang selalu curiga terhadap Huawei, dan ZTE, yang sama-sama berasal dari China. Alasan kecurigaan itu adalah baik Huawei dan ZTE dianggap mendapat pengaruh terlalu besar dari pemerintah China.

Kecurigaan ini berujung pada larangan penggunaan produk kedua perusahaan itu di sejumlah instansi pemerintah, dan mengajukan pelarangan penggunaan perangkat telekomunikasi buatan Huawei, dan terakhir mengajak sekutunya untuk ikut memblokir penggunaan perangkat Huawei. (asj/asj)

Sumber Artikel

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed